Minggu, 29 April 2012

Terapi Nutrisi untuk DARAH TINGGI/HIPERTENSI


DEFINISI :
Hipertensi (hypertension) atau darah tinggi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal. Nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tingga badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umu adalah 120/80 mmHg

GEJALA :
Pusing, sakit kepala, kelelahan, lemas, muntah, sesak nafas, gelisah, jantung berdebar keras, serta pandangan mata menjadi kabur yang terjadi karena kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal.

PENYEBAB :
Penggunaan obat-obatan seperti golongan kortikosteroid (cortison) dan beberpa obat hormon secara terus menerus (sering), merokok, minuman beralkohol, penyakit jantung, gagal ginjal, diabetes, tumor dan faktor keturunan.

PENANGANAN DAN PENCEGAHAN :
Penanganan darah tinggi adalah dilakukan pemeriksaan terhadap organ utama, terutama pembuluh darah, jantung, otak dan ginjal. Misalnya melalui pemeriksaan elektrokardiografi (EKG), ekokardiografi (pemeriksaan dengan gelombang ultrasonik untuk menggambarkan keadaan jantung), rontgen atau USG maupun radiosotop ginjal.
Adapun untuk mencegah terjadinya penyakit darah tinggi antara lain sebaiknya tidak merokok atau minum alkohol dan mengurangi berat badan apabila berlebihan. Selain itu, lakukan gerak badan atau olah raga, seperti aerobik secara rutin.

NUTRISI :
a. Calcium 1 (1x1 sachet/hari) guna meningkatkan daya tahan tubuh.
b. Grape Extract/vigor rousing (3x2 kapsul/hari) untuk melancarkan aliran darah.
c. Jiang Zhi Tea (1x1 sachet/hari) sebagai penstabil tekanan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar