Senin, 16 April 2012

Terapi Nutrisi untuk GINJAL



Ginjal adalah sepasang organ kembar yang terletak sebelah tulang belakang bawah, dekat dengan rangka tulang rusuk. Dalam tubuh manusia, ginjal mempunyai beberapa fungsi penting. Pertama, membersihkan badan dan cairan berlebih dalam darah. Kedua, menapis darah, menyimpan setengah kompaun dan membuangkan yang lain. Ketiga, membantu melancarkan tekanan darah, menentukan jumlah sel darah dan kesehatan tulang.
Kerusakan ginjal dapat mengganggu sistem sekresi. Sehingga, keberadaan ginjal perlu dijaga oleh setiap orang agar fungsinya tetap maksimum. Kerusakan atau penurunan fungsi ginjal terjadi secara bertahap :
1. Kerusakan ginjal minimal.
2. Kerusakan ginjal ringan.
3. Kerusakan ginjal sedang.
4. Kerusakan ginjal berat.
5. Gagal ginjal (fungsi ginjal < 15%).
Gagal ginjal bisa terjadi karena kelainan primer seperti infeksi ginjal, sumbatan batu ginjal, kelainan gagal ginjal atau komplikasi dari penyakit hipertensi dan diabetes melitus.

Jika ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya (rusak), maka akan timbul berbagai penyakit yang membahayakan jiwa seseorang. Antara lain: infeksi saluran kencing, kencing manis, batu ginjal, gagal ginjal, kandung kemih lemah dan tekanan darah tinggi. Secara umum ada tanda-tanda yang berkaitan dengan penyakit ginjal. Di antaranya rasa pedih atau sulit sewaktu kencing, sering kencing pada malam hari dan keluar darah saat kencing.


A. BATU GINJAL

DEFINISI :
Batu ginjal adalah gumpalan padat seperti kerikil yang terdapat di berbagai bagian dari ginjal atau saluran kemih. Batu ginjal terbentuk akibat kelebihan garam dalam aliran darah yang mengkristal dalam urin.

GEJALA :
Nyeri hebat pada pinggang diatas ginjal yang dapat menyebar ke perut bagian bawah, keluar serpihan batu kecil-kecil seperti pasir dan bengkak pada pinggang.

PENYEBAB :
Kurang minum air putih, kelebihan asam urat dalam darah dan infeksi ginjal.

NUTRISI :
a. Muncord/Cordyceps (2x2 kapsul/hari) guna memerbaiki fungsi ginjal.
b. Vitaline Softgel (2x1 kapsul/hari) untuk menghancurkan batu di saluran ginjal atau kandung kemih.


B. GAGAL GINJAL

DEFINISI :
Gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana organ ginjal sudah tidak dapat berfungsi secara normal saat membersihkan darah dalam tubuh. Umumnya jika sudah parah, pasien harus melakukan cuci darah, karena ginjal tidak berfungsi dalam menyaring darah dari zat-zat kimia yang berbahaya dalam tubuh.

GEJALA :
Tubuh mengalami pembengkakan, terutama pada kaki, nyeri di sekitar pinggang dan tubuh sering terasa lemas, cepat lelah dan gangguan hipertensi.

PENYEBAB :
Pola makan tidak baik, mengonsumsi minuman beralkohol dan bersoda, kurang minum air putih serta mengonsumsi obat kimia dalam jangka waktu panjang.

NUTRISI :
a. Muncord/Cordysep (2x2 kapsul/hari) guna memperbaiki fungsi ginjal.
b. Alat kesehatan Acupoint Health Care Appratus


C. KANDUNG KEMIH LEMAH

GEJALA :
Terasa panas atau terbakar saat buang air kecil, terasa sering buang air kecil, air kencing berbau busuk, keruh dan berdarah.

PENYEBAB :
Infeksi pada saluran kemih, minum obat pencahar, cidera ada tulang belakang, kelemahan otot dasar panggul setelah melahirkan dan kanker kandung kemih.

NUTRISI :
a. Calcium 1 (1x1 sachet/hari) guna memenuhi kebutuhan kalsium pada ginjal.
b. Muncord/Cordyceps (2x2 kapsul/hari) sebagai pengikat radikal bebas dalam saluran kemih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar