Senin, 13 Februari 2012

7 LANGKAH SENAM UTK DETEKSI DINI KANKER PADA PEREMPUAN



7 langkah senam untuk deteksi dini terhadap kanker yang khususnya menyerang para perempuan :

1. Angkat kedua tangan keatas selama 20 detik/hitungan. Coba rasakan sekitar ketiak dan pangkal lengan, apakah terjadi rasa ser ser/kesemutan? jika YA ada gejala kanker payudara.

2. Tekan puting susu kedalam sekeras-kerasnya dengan menggunakan jempol selama 20 detik/hitungan, lalu lepas. Rasakan apakah ada rasa hangat-hangat kuku sekitar lingkar payudara, jika YA terdapat gejala kanker payudara.

3. Tangan kiri memegang telinga kanan melalui atas kepala dan tangan kanan memegang payudara kiri, putar 2 kali searah jarum jam (lakukan dengan menggunakan minyak/sabun/lotion) lalu encet puting, apakah mengeluarkan cairan (bisa berupa air/nanah/dara/asi) jika Ya berarti ada gejala kanker.
lakukan gerakan yang sama untuk payudara kanan atau kiri.

4. Angkat kedua tangan keatas selama 20 detik/hitungan lalu turunkan (dilakukan di dean kaca, coba lihat di kaca aakah salah satu/kedua punting susu masuk ke dalam (kecuali bawaan lahir?). Bila YA berarti ada gejala kanker payudara.

5. Tidur terlentang di atas tempat tidur dengan posisi tangan lurus di atas kepala dan kaki lurus. Lakukan selama 10 menit, apabila tangan pegal atau tidak kuat berarti ada gejala kanker payudara.

6. Jongkok seperti di WC (jangan jinjit) dengan kedua kaki rapat. Hitung 20 detik/hitungan lalu berdiri. Di sisi kiri dan kanan aakah pinggang terasa sakit sampai menusuk ke belakang? jika YA berarti ada gejala KISTA. Rasakan juga apakah ada rasa sakit 4 cm di bawah pusar, jika ya ada gejala kanker indung telur.

7. Dengan menggunakan kaca atau camera hp, lihat bagian dalam liang vagina anda. Bila hitam seperti lingkar payudara berarti sehat. Bila tidak berarti ada gejala kanker leher rahim.

catatan : untuk wanita subur lakukan setelah menstruasi

Sumber : YPKI (Yayasan Penyuluh Kanker Indonesia)

1 komentar:

  1. Pendeteksian dengan metode ini apakah cukup akurat? dengan artian kalau memang terjadi sedemikian yang telah disebutkan berarti apakah dia sudah dipastikan menderita kanker tersebut? Dan kalau senam tersebut baiknya memilih baju senam wanita yang bagaimana yah gan? ^^ terimakasih

    BalasHapus