Senin, 26 Maret 2012

Terapi Nutrisi untuk ALERGI


DEFINISI :

Alergi merupakan suatu reaksi abnormal dalam tubuh yang disebabkan zat-zat yang tidak berbahaya. Alergi timbul biala da kontak terhadap zat tertentu yang biasanya pada orang normal tidak menimbulkan reaksi. Zat penyebab alergi ini disebut allergen.

GEJALA :

Rasa gatal pada tenggorokan, gatal pada mulut, gatal pada mata, gatal pada kulit atau bagian tubuh lainnya, sakit kepala, hidung tersumbat atau hidung meler, sesak napas, bengek, kesulitan menelan, mendadak pilek dan bersin.

PENYEBAB :

Makanan, minuman atau sesuatu yang masuk ke tubuh, cuaca, suntikan, kosmetik, logam perhiasan, jam tangan dan benda lain yang kontak langsung dengan kulit.

PENANGANAN DAN PENCEGAHAN :

Penanganan alergi biasanya dengan obat-obatan medis yang diresepkan doketer atau rumah sakit. Adapun untuk mencegah atau mengatasi alergi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan selain memperkuat sistem kekebalan tubuh kita sendiri.
1. Menjaga kelembaban dengan mengatur sirkulasi angin dan udara.
2. Menjaga kebersihan pakaian dan mengganti sprei sedikitnya seminggu sekali.
3. Membersihakan pekarangan dan memastikan tidak ada tumpukan sampah serta genangan air yang akan menjadi tempat timbulnya jamur.
4. Konsultasi dengan dokter dan melakukan tes alergi untuk mengetahui allergen-allergen yang harus dihindari.


A. ALERGI RINITIS (Radang Hidung)

Definisi : Alergi rinitis merupakan peradangan dari rongga hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi. Penyakit ini biasanya bisa sembuh dalam beberapa tahun. Namun tidak menutup kemungkinan tidak akan pernah bisa sembuh selama penderitanya masih hidup.
Gejala : bersin, batuk, hidung berair, pilek serta pada beberapa kasus mata berubah merah dan berair.
Penyebab : debu, serbuk bunga, asap rokok, parfum dan bulu binatang, makanan tertentu, perubahan cuaca maupun udara serta faktor keturunan.
NUTRISI :
Calcium 1 (1x1 sachet/hari) dan Muncord (2x2 kapsul/hari) guna meningkatkan anti bodi tubuh menghadapi alergi.


B. ALERGI KULIT (Radang Kulit)

Definisi : Alergi kulit atau radang kulit (eksema) adalah suatu alergi berupa gatal (ruam) pada kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit ini tidak menular tetapi cenderung diturunkan oleh keluarga.
Gejala : Kumpulan lepuhan berawarna merah di atas kulit, kemudian pecah dan mengeluarkan cairan yang gatal. Bila cairan mengering menyebabkan kulit bersisik dan gatal sekali.
Penyebab : Bahan/senyawa mulai dari kosmetik, detergen, sabun mandi, perhiasan imitasi, kain kasar, pakaian lembab dan makanan tertentu.
NUTRISI :
a. Calcium 1 ( 1x1 sachet/hari) guna meningkatkan anti bodi tubuh menghadapi alergi.
b. Vitaline (1x1 kapsul/hari) diminum dan dioleskan pada kulit yang timbul bercak merah.
c. Chitin Chitosan (1x1 kapsul/hari) untuk mengikat racun dalam tubuh akibat mengonsumsi makanan tertentu.






sumber : kesaksian profesi dan terapi medis dari support Tiens Indonesia 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar