Sabtu, 31 Maret 2012

Terapi Nutrisi pada ASAM LAMBUNG


DEFINISI :

Dalam dunia kedokteran, penyakit akibat asam lambung disebut GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). GERD merupakan penyakit saluran cerna bagian atas karena adanya aliran balik yang terjadi secara spontan dari isi lambung kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya erosi akibat derajat keasaman yang tinggi dari asam lambung yang naik tersebut.
GERD yang tidak diterapi secara baik akan menyebabkan komplikasi. Antara lain radang, pendarahan, penyempitan pada kerongkongan, kanker, kesulitan dalam menelan, pencetus asma dan batuk menahun. Mengapa asam lambung bisa naik ke kerongkongan? fakta menunjukkan bahwa semakin bertambahnya umur, kekuatan otot cincin pada perbatasan kerongkongan lambung melemah. Sehingga cairan lambung mudah naik ke atas.


GEJALA :

Rasa panas seperti terbakar di bagian belakang tulang dada, rasa tidak nyaman (sakit) waktu menelan, batuk dalam tempo lama, suara serak, mual muntah dan sendawa.


PENYEBAB :

pola makan yang tidak terkontrol, gaya hidup tidak sehat, kegemukan, sering mengkonsumsi teh, kopi, minum alkohol, merokok serta suka memakai pakaian atau baju yang ketat. Baju atau jeans ketat dapat menekan perut sehingga mendorong asam lambung naik ke kerongkongan.


PENANGANAN DAN PENCEGAHAN :

Untuk mendeteksi keberadaan GERD pada tubuh perlu dilakukan pemeriksaan endoskopi. Sedangkan penanganan GERD biasanya menggunakan cara medis (proton pump inhibitor-ppi dan H2 Antagonis) untuk mengendalikan atau mengurangi kadar produksi asam lambung agar tidak melukai tenggorokan. Sayangnya engobatan ini biasanya tidak menghilangkan GERD selamanya karena suatu saat gejala GERD akan datang kembali.
Adapun upaya pencegahan, anda mesti memperhatikan pola makan yang seimbang, menghindari makanan berlemak, asam, kopi, coklat, mint, minuman berkarbonasi. Menerapkan gaya hidup sehat, rutin berolahraga, tidak merokok, berat badan tidak berlebihan dan menghindari stres. Selain itu juga ada saat tidur sebaiknya meninggikan kepala (15 cm) semua itu dapat mencegah GERD.


NUTRISI :
Calcium 1 (1x1 sachet/hari), Chitin Chitosan (2x2 kapsul/hari), Double cellulose (3x3 tablet/hari), Alat terapi Accupoint.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar