Minggu, 25 Maret 2012

Terapi Nutrisi untuk AMANDEL


DEFINISI :

Amandel (tonsil) adalah tumpukan lapisan seperti tisu yang terletak pada sisi kerongkongan bagian belakang. Amandel merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh, yang didesain untuk melindungi anda dengan menjebak bakteri atau virus yang berusaha masuk ke tubuh anda melalui mulut. Namun, infeksi yang terjadi terkadang sangat sering, sehingga amandel tak sanggup menghadapinya. 
Celakanya perlawanan yang dilakukan oleh amandel justru menginfeksi dirinya sendiri. Hal ini yang disebut radang amandel. 
Radang amandel adalah penyakit menular, artinya anda bisa tertular dari teman yang menderita radang amandel. Bersin dan batuk mengakibatkan persebaran bakteri penyebab radang amandel berpindah dari satu individu ke individu lainnya.


GEJALA :

Sakit pada daerah tenggorokan sewaktu menelan, demam, menggigil, timbul bengkak, bercak merah pada kedua sisi belakang tenggorokan.

PENYEBAB :

Infeksi kuman dan virus yang juga penyebab sakit flu biasa serta bakteri tertentu seperti streptokokus.

PENANGANAN DAN PENCEGAHAN :

Penanganan amandel bisa dilakukan oleh dokter dengan menggunakan obat2an medis. Namun anda bisa melindungi diri dari tertular radang amandel dengan cara sebagai berikut :
1. Seringlah mencuci tangan.
2. Jika seseorang yang ada di dekat anda atau teman anda menderita radang amandel janganlah berbagi gelas, alat makan, sikat gigi atau lainnya.
3. Jika anda menderita radang amandel, isahkanlah barang2 anda dan jangan memakainya bersama orang lain.
4. Sesudah sembuh dari radang amandel, gantilah sikat gigi anda dengan yang baru. Dengan cara itu anda tidak akan meninfeksi kembali kerongkongan anda.

NUTRISI :

a. Calcium 1 (1x1 sachet/hari) guna mencegah menurunnya produksi hormon tiroksin.
b. Chitin Chitosan (2x2 kapsul/hari) untuk menghilankan racun pada leher dan mencegah radang amandel/
c. Muncord (2x2 kapsul/hari) sebagai anti biotik alami untuk melawan bakteri.




sumber : kesaksian profesi dan terapi medis dari support Tiens Indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar