Jumat, 18 Mei 2012

Terapi Nutrisi untuk MIGRAIN





DEFINISI :
Sakit kepala (migrain) adalah nyeri kepala berdenyut yang kerap kali disertai mual atau muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering mengenai satu sisi kepala saja. Kadang2 berpindah ke sisi sebelahnya. Tetapi migrain dapat pula mengenai dua sisi kepala sekaligus.


GEJALA :
Satu atau dua hari sebelum timbul migrain, penderita biasanya mengalami lemah, mengupa berlebih, sangat menginginkan satu jenis makanan (misal cokelat), gampang tersinggung dan gelisah.


PENYEBAB :
Adanya hiper aktifitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak. Akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak dan proses inflamasi. Migrain dapat dicetuskan oleh makanan, stres dan perubahan aktifitas rutin harian.


PENANGANAN DAN PENCEGAHAN :
Penanganan sakit kepala yang berat sebaiknya diperiksa ke rumah sakit atau dokter. Namun apabila sakit kepala tidak terlalu berat maka pertolongan pertama pada penderita adalah membaringkannya pada tempat yang tenang. Setelah pusing dirasakan berkurang, gerak-gerakan kepala secara perlahan dan berusaha untuk mencari posisi yang dapat menghilangkan pusing tersebut. 
Adapun untuk mencegah terjadinya sakit kepala adalah menerapkan gaya hidup sehat, tidak merokok, jangan minum alkohol, tidur yang cukup, makanan yang sehat dan berolahraga ringan setiap hari. Selain itu hindari beberapa makanan pemicu sakit kepala antara lain cokelat, keju kuning, produk2 susu, daging merah, ekstrak sayuran dan makanan yang tinggi kandungan monosodium glutamatenya.


NUTRISI :
Calcium i (1x1 sachet/hari), Grape extract (2x2 kapsul/hari), Spirulina (2x2 kapsul/hari) dan Renuves (2x3 kapsul/hari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar