Selasa, 01 Mei 2012

Terapi Nutrisi untuk SESAK NAPAS/DYSPNEA



DEFINISI :
Sesak nafas yang dikenal juga dengan istilah shortness of breath adalah perasaan sulit bernafas yang terjadi ketika melakukan aktivitas fisik. Kejadian sesak nafas tergantung dari tingkat keparahan dan sebabnya. Perasaan itu sendiri merupakan hasil dari kombinasi impuls (rangsangan) ke otak dari saraf yang berakhir di paru-paru, tulang iga, otot dada atau diafragma, yang ditambah lagi dengan persepsi dan interpestasi pasien.

GEJALA :
1. Merasa sulit untuk menggerakkan otot dada, merasa tercekik, atau rasa kejang di otot dada.
2. Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30/menit; bayi; 40x/menit)
3. Kebiruan pada sekitar bibir dan ujung-ujung jari.
4. Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok dan mengi.

PENYEBAB :
Penyakit asma, infeksi paru (pneumonia), alergi, sakit jantung, trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) dan riwayat benturan keras di daerah dada serta pendarahan. Sesak napas juga bisa muncul saat kehamilan.

PENANGANAN DAN PENCEGAHAN :
Ada dua langkah pertolongan jika kita ingin membantu penderita dyspnea. 
1. Apabila penderita dalam keadaan sadar, maka amankan dulu posisi korban. Lalu aktifkan sistem gawat darurat. Misalnya memanggil atau mencari pertolongan orang-orang sekitar kita.
Berikutnya menanyakan obat-obatan dan penyakit yand diderita korban. Setelah itu berikan obat-obatan (apabila korban memiliki penyakit khusus, contoh sakit jantung) dan temani korban samai paramedis datang serta mencegah kemungkinan apabila korban tiba-tiba tidak sadarkan diri.
2. Apabila penderita dalam keadaan tidak sadar, maka kita mengecek respon korban. Misalnya dengan memanggil atau merangsang nyeri penekanan pada kuku korban. Setelah itu menghubungi petugas medis untuk memeriksa apakah korban bernapas secara normal atau tidak. Berikutnya, petugas medis untuk memeriksa denyut nadi korban.

NUTRISI :
a. Calcium 1 (1x1 sachet/hari) dan Jiang Zhi Tea/Antilipemic Tea (1x1 sachet/hari) sebagai nutrisi terbaik untuk mencegah sekaligus menyembuhkan sesak napas.
b. Muncord (2x3 kapsul/hari) dan Renuves (2x3 kapsul/hari) guna meningkatkan anti bodi tubuh menghadapi gangguan saluran pernafasan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar